Warga Dihimbau Untuk Waspada

by POLRES INHIL | 10:41 PM in , |

Modus Pelaku Kejahatan Semakin Beragam

Tembilahan - Modus pelaku kejahatan semakin hari semakin beragam, sejalan dengan bertambahnya umur dunia. Untuk itu kejelian dan kehati-hatian masyarakat sangat perlu dalam menangkal aksi kejahatan terhadap warga masyarakat.

Salah satunya yang belakangan ini sering terjadi di kota Tembilahan, adalah dengan berpura-pura berbelanja diwarung yang kondisinya sepi dan letak warung bersangkutan agak berjauhan dengan rumah warga lainnya. Makanya masyarakat diminta untuk selalu waspada dan jangan terlalu membuka warung hingga larut malam.

“Modus baru yang belakangan ini marak terjadi di Inhil adalah seperti itu. Mereka berpura- pura berbelanja diwarung, nyata sambil berbelanja mereka melakukan aksi pencurian dan penjambretan,” demikian dikatakan oleh Kapolres Inhil AKBP Drs Marudut Hutabarat.

Lebih jauh menurutnya, biasanya korban malah dihipnotis terlebih dahulu. Akibatnya korban terlambat menyadari kesadarannya bahwa mereka telah dijambret dan biasanya baru menyadari setelah pelaku tidak berada lagi didepan mereka. “Makanya kali selalu menghimbau kepada warga untuk waspada dan berhati, agar jangan hal-hal yang tidak diinginkan menimpa diri warga,” paparnya.

Hal yang sama juga terjadi dengan aksi pencurian yang menimpa rumah warga. Kebanyakan warga yang rumahnya mengalami pencurian tidak menyadari aksi kawanan ini. dan mereka baru menyadari bahwa rumah mereka disatroni kawanan pencuri dipagi hari. Akibatnya aparat kepolisian sering kali mengalami kesulitan dalam mengungkapkan kasus pencurian dengan modus seperti itu.

“Tapi meskipun begitu pihaknya akan berupaya dengan keras mengungkapkan kasus-kasus kejahatan seperti itu, agar
tidak terjadi keresahan ditengah masyarakat Inhil,” tambahnya.

Terkait dengan penjambretan yang dalam satu bulan ini sudah terjadi disekitar kawasan jalan Gunung Daek yang bersangkutan mengatakan, daerah ini memang sudah menjadi daerah yang kita tandai karena aksi kejahatannya dikawasan tersebut cenderung tinggi. Untuk itu sebagai langkah antisipasi agar kejadian serupa tidak kembali terjadi, pihak keamanan akan melakukan patroli diwaktu yang kita anggap rawan tindak kriminal.

“Kita memang sudah mendengar keresahan dari warga sekitar jalan tersebut, dan selama ini kawasan tersebut memang kawasan yang telah kita beri tanda tingginya angka kejahatan. Sebagai langkah antisipasi, pada waktu rawan kejahatan, kita akan melakukan patroli dikawasan tersebut. Hingga nantinya dapat mencegah aksi kriminal pencurian dan penjambretan dikawasan tersebut,” tuturnya lagi.

Selanjutnya kepada warga yang menjadi korban atau melihat terjadi sesuatu tindak kejahatan, di harapkan segera melaporkan kepada sentra Pengaduan Kepolisian (SPK) dengan nomor (0768) 21110.

“Kita harapkan warga yang menjadi korban atau menyaksikan terjadinya suatu tindakan kejahatan segera melaporkan kepada kita. Bisa dengan menghubungi saluran telepon pengaduan dengan nomor (0768) 21110 atau melaporkan kepada petugas jaga kita yang yang standby 24 jam “ ungkapnya Kapolres.

Karena dengan cepatnya laporan yang di sampaikan oleh warga tersebut, maka dapat membuat anggota kepolisian bergerak cepat untuk menagkap atau mengungkap suatu tindak kejahatan yang terjadi. Karena kalau laporanm yang di samapiklan terlambat, maka pelaku kejahatan keburu kabur jauh atau TKP yang telah di ganggu oleh warga, sehingga akan menyulitkan pihak kepolisian ketika bekerja untuk mengusut suatu tindak kejahatan tersebut.

“ Namun kita harapkan kepada warga yang menghubungi saluran telepon pengaduan tersebut benar-benar melaporkan tindakan kejahatan yang terjadi, tidak hanya sekedar iseng-iseng saja. Karena dari ratusan telepon yang kita terima perharinya, banyak yang hanya merupakan telepon dari orang yang iseng saja, bahkan ada pula hanya terdengar suara anak-anak,” pesan Kapolres.

Namun, ujarnya kepada anggota yang sedang bertugas diharapkan tetap mengangkat setiap adanya telepon yang masuk. Tapi, jika terdengar hanya suara orang yang iseng-iseng saja, segera dimatikan. “ Nanti juga saya akan berikan nomor para perwira saya yang bisa dihubungi tiap saat, sehingga kalau melihat suatu tindak kejahatan dapat melaporkan segera,”Tambahnya. (spt/my)

Kapolres Indragiri Hilir

AKBP Drs. Marudut Hutabarat

Stop NARKOBA !!!

Laporkan Segala Tindak KEJAHATAN

GRATISSS........... !!!!!!!